THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

aLL VideO n' MUsic Post hardcore, Hardcore, ....


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

Senin, 06 Juli 2009







Obor_bambu
salam. . . . .
MasiH dalam keadaan belum bAik bAik aja. . . .wkwkwkwkwkwk. . . .gImaNa kaBaR kawaN kawAN. . . ? Sori neh brU nOngoL Lagi. . .ksibuKan kian hari kiaN menjadi jadi. . .makLUm urUs rumah tangga. . .beri makan kelinci,kucing dn hidupi istri aku si ikHA CRustY. . .. . dn kebuTuhaN LaeNnya. . . .
Oh yAh brO. . .neh oBOR BaMBU yang ke 2 . . . ,sori isi kepaLa yang aku tampuNg kayaknya samA aja Yg ada di berbAGAi zine/newslatter yG Laen,cm sdikit aja YG BEda. . ,faKTOr kemaLasAN jg datanG tiap hari. .jadinyA bingung mAu dari mANa duLU,AKu oraNgnya cepat biNgung. .,
TaNpa repOt repOT AKu buka aja segaLa haL di mas GoOGLE NEt. . .
LewAT BantUAN MBak ‘ tARA ‘ AKHirnya neh obOR Bambu Net zine selesai jugA. .msh daLAm bentUK COpyaN aja. . . ,duit aku kaga cuKup buat ini itU UNtUk puluhAN zine yang jadi ajang curhat kayak buku diari.thaNks jg buat aHYAr dn kawaN2 ANimO YAng udah supPort akaN newslatter net zine ini. . .
Msh daLam penjarahan artikEL dan bAcAAN sejarah daLam interNet yang aku cuLik dEmi membrikan seDikit sociaL BOok pengetahuan daN tUkar pikiraN. .yg aku ambiL jg dr hasiL DebAt saNa siNi uNtUk mencAri kebenaraN bAcAAN terSbuT. .yg disensor aku buaNg aja. .wkwkX. . .
Di eDisi ini aku mEmbAhas tentaNg seDikit apa YG KUrang di mengerti oLeh kawAN2. .kusuSnya boNe yG KUrang tau arti genre DAN SEjarahnya. . . ‘genre adalah gendre. . .’ GENre berSifat atrikuditisMe/umbi. .yg bisa jadi trand dn budaya. .
Aku melhat bnyaknya kawaN kawAN yG saling membeDa beDakan atas NAMA GENre. .berSifat raCisme. .memuakKan dan memalukaN. .cuiiiH. . .fuck oFF. . .kapan yAh kita sembuh dari pembodohan ini. .
Aku kadang meliHat . .coNtohnya aja kemaren dimana kalangan puNk membenci emO DN emO membenci puNK. .what. . ! Ada apa neh, kok pada anti ini itU. . . , , aku bertanya pada kawan yg menganggap diri seorang punkerS. Kenapa kamu benci emO,PDhal emO ItU CUma genre musik? ? Lantas dia jawb. .: karna emO itU BENCOng. . .dn mrk adaLah anak anak pop”. MendEngar itU aku langsuNg ketawa. .wkWKwk. . .dapat nari mana jg emO itU pop? Dn kenapa emO dibilang bencoNG. . ?hahaha. . .iniLah boNe. . .kotaku. .kota teratUr,mOnOtoN dn tertinggaL. .walaw ada kata ‘boNE Bisa toNJi’ woh semangat aku dEngarnya. . .tp bisa apa? UntUng aku tidak tanya ini itU, ,ntah dia mau jaWAb apa. Yah gnilah,ikuT TRand gaUL . .budak kapitalis . .kapitalis .dn kapitalis. .beli celana distro sobek luTuTnya harga 2 rtUs ribu.katanya gaul. .wkwkwkwkwk. .bodoh yah. .hehe. . .malas sebenernya bAhas ini. Celana,sepatU yg sobek sebenrnya bukan karna disengaja.kaum rock n roLL ,puNk dll kadang brPenampilan bgtU krn faktor keadaan.kbnykn kalangn puNk ,SKInhead,rock n roLL ADALah kalangn bAWah,para buruh pekerja keras dan para streeterS yg hidupnya dijalan krn faktor broken hoMe.mrk mencAri khdupan dijalaN,MENghdupi diri dgn bekerja keras.makanya jangan heran bila mereka lupa akan mengurus diri smpai keADaan membuatnya urakan dn lusuh. ‘andai bnyk duit,buat apa jg pakai yg sobek !. . .betUL ngga. Faktor lain mrk jg kbnykn mencintai kenyamanan. . .walau sobek,mrk tetap nyaman dEngan pakaianx,krn mereka suka. .bukan karna disengaja. Ada pula faktor anti kemapanan. .berbeDa dgn yg mapan yg berSifat egois,rakus dn rasis.
‘ kapitalis ‘ para penjahat perekoNoMian dENgan sistem tak pandang bulu. .uang adalah segalannya. .apa pun bisa dimanfaatkan. . ‘coNtoh: distro yg menjual pRoduk kapitalis. .celana botoL( KATA Anak gauL ) DGn kain yg di sengaja dijual dalam keadaan sobek. Wah. . .kok celana sobek dijual? Neh pembodohan para kapitalis,mendoktrin orang2 untUk memakai bArang terSbuT. .tentUNYa dgn harga mahaL. .anak gaul bAK BOneka boNeka kapitalis mau aja beli gitUAn. . . .katanya lagi trand.hehehehe. .kapitalis inilah yg merusak citra anak bANgsa. .membodohi lewat pRoduk dn ekoNoMi.
LiHat aja ‘emOtioNAL Produk ‘ bju mahal dgn logo pink emO love in my souL’ BENTuh harjaku gotic dn puNK Rock. . .wahh. .mana ada emO kyk gitU. . ., emO hanyalah sebuah genre musik dari haRDCORE Punk,bukn sbuah sub kuLtUr. Ntr dEh dijelaskan di halaman ini. .key pokoke. . .hidupkan dirimu tanpa ada pembodohan dn penindasAN. . . ‘ kalo ada kritik dan saran, ,koNtak : 085656313249. . . .ato di Fb: aminkbAngsatcore@yahoo.com
. . .oi oi. . .
Sejarah Skinhead
Skinhead adalah suatu sub-budaya yang lahir di London, Inggris pada akhir tahun 1960-an. Sekarang Skinhead sudah menyebar ke seluruh belahan bumi. Nama Skinhead merujuk kepada para pengikut budaya ini yang rambutnya dipangkas botak.
Meskipun Skinhead banyak diasosiasikan dengan kelompok orang-orang yang rasis dan Neo-Nazi, namun Skinhead yang sebenarnya tidaklah Neo-Nazi, karena pada awalnya Skinhead adalah kaum tertindas dari kelas pekerja (utamanya buruh pelabuhan) di London, Inggris. Skinhead juga bisa merujuk kepada kepada kelompok orang (biasanya remaja) yang merupakan fans musik Oi!/streetpunk dan juga punk.
Sejarah SkinHead Dunia Pada thn 50an dan 60an, terdapat sekumpulanremaja ‘British’ Working Class yg digelar MOD. Merekamempunyai imej tersendiri iatu berambut pendek & mereka lebih ke hala kehidupan & keseronokan.Mod juga cenderung ke arah fesyen dan terdapatsebuah lagu yg berkaitan dgn MOD iatu “DEDISATE FOLLOWER FASHION” nyanyian KINKS. Pada akhir60an golongan yg bergelar diri mereka Skinheadsmengubah haluan mereka daripada MOD & merekaberubah menjadi Working Class secara total (buruh).Mereka mencukur rambut dan memakai steel-toe.Tujuannya adalah utk keselamatan & berjaga-jaga. Golongan Skinheads adalah terdiri drp buruh & merekadianggap sebagai golongan kurang bijak oleh media.Aktiviti harian Skinheads selepas bekerja ialah berkunjungke pub / dewan harian yg majoritinya terdiri daripada pendatang Jamaica. Di sini mereka berkumpul dan bersembang sambil melayan Ska. Terdapat dua bendayg amat digemari Skinheads iatu bola sepak dan beer. Golongan awal Skinheads ialah bukan golongan racist.Permusuhan kaum hanya terjadi jikalau terjadi persaingan.Contohnya persaingan kerja dgn pendatang asing Pakistan (HAMMERSKIN). Tetapi bagi yg tidakterlibat, mereka masih menikmati hidangan masakanindia / pakistan seperti kari.Terdapat satu istilah iatuTrojen Skin. Ianya satu gelaran bagi original Skinheads. Skinheads mula merosot apabila ramai yg mula menyimpan rambut dan berumah tangga MOD-MODERNIST = Remaja Working Class di Englandpada thn 50an dan 60an.Kebanyakan mereka terdiri drpgolongan antara sekolah dan bekerja.

Apa itu Emo ??

Pakaian emo, potongan rambut emo, bahkan gaya hidup emo.
Jika kita mengakses situs www.friendster-layouts.com dan memilih kategori emo,
maka akan muncul ratusan tampilan pola halaman yang kebanyakan dihiasi dengan warna-warna gelap, suram, didominasi hitam, abu-abu, putih, dan merah darah. Dilengkapi dengan gambar orang dengan smokey eyes, rambut menutupi mata, dan biasanya menunjukkan bahwa mereka sedang patah hati dan putus asa.
Tetapi, apakah sebenarnya 'emo' itu? Apakah melulu gaya berpakaian yang saat ini lagi in di kalangan anak muda itu?

Lebih Dekat Dengan Emo Hampir serupa dengan punk dan rock.
emo sekarang dikenal sebagai suatu keadaan emosional.
Istilah emo sendiri dianggap sebagai sebuah budaya,
kata itu adalah singkatan dari kata 'emotional' (emosional).
Emo sendiri ternyata bukan hanya sebuah sikap, namun juga fashion yang terpengaruh dari musik emo (emocore).
Emo adalah Aliran MusikEmocore adalah perpaduan dari hardcore dan musik punk yang sangat populer di Washington DC pada akhir era 80-an.
Budaya emo akhirnya terus berkembang antara dekade 90-an hingga 2000-an hingga mencapai popularitasnya saat ini.
EmoPertengahan 80-an, istilah emo menggambarkan sub genre hardcore punk yang berakar dari musik Washington DC.
Pada perkembangannya, istilah emocore yang merupakan kependekan dari emotional hardcore, akhirnya digunakan untuk menggambarkan penampilan band-band di Washington DC yang sangat emosional, misalnya :
Rites of Spring, Embrace, atau Moss Icon.

Di pertengahan 90-an, istilah emo mulai merujuk pada genre indie yang mendapatkan pengaruh dari Fugazi yang dianggap sebagai emo first wave.
Band-band seperti Sunny Day Real Estate dan Texas is the Reason menunjukkan gaya emo indie rock yang lebih menunjukkan melodi mereka daripada kekacauannya.
Yang saat ini sedang populer adalah band-band seperti Fall Out Boy, My Chemical Romance, Panic at the Disco, dan Paramore yang juga disebut sebagai band emo walaupun gaya musik mereka memang cukup berbeda dengan band-band emo sebelumnya.
Emo adalah Gaya BerpakaianNamun emo sepertinya telah berkembang jauh melampaui dunia musik saja.
Emo sekarang malah lebih sering dihubungkan dengan fashion daripada musik.
Istilah emo ini kadang kala langsung dirujuk pada jeans ketat yang dipakai cowok dan cewek juga,
poni rambut yang panjang dan disisir ke satu sisi wajah dan menutupi salah satu atau malah kedua mata.
Potongan rambutnya lurus, kaos ketat (biasanya berlengan pendek) bertuliskan nama-nama band emo, ikat pinggang berkepala besar,
sepatu kanvas atau sepatu hitam yang sering kali nampak tua dan lusuh, dilengkapi dengan kaca mata berbingkai hitam tebal.
Gaya berpakaian ini disebut dengan istilah fad.

Emo adalah Gaya HidupBelakangan.
media menghubung-hubungkan emo dengan stereotype seperti emosional, sensitif, pemalu, tertutup, atau cepat tersinggung.
Parahnya, mereka juga menghubung-hubungkan karakter emo dengan depresi, suka melukai diri sendiri, dan bunuh diri.
Namun terlepas dari semua itu, emo adalah salah satu tren musik yang akhirnya berkembang menjadi suatu gaya berpakaian dan cara bergaul.
Seperti juga gaya hidup lainnya, ada sisi negatif dan ada sisi positif di dalamnya.
Tak semua emo kids (penganut aliran emo) bersifat emosional dan suka menyakiti diri sendiri.

Dalam satu situs emo, www.emo-corner.com, disebutkan bahwa
'emo people are not all suicidal and they do not slit their wrist!' Jadi, are u dare enough to be called emo kids?

Diawal tahun 2005,gw mengenal suatu musik yang oleh kebanyakan orang disebut EMO/SCREAMO. Dari situ gw mulai tertarik untuk cari tau, Tanya sana-sini, cari Mp3 nya, malah gw pernah bikin band dengan influence dari band-band seperti yg ada di bawah ini. teruz APA SEBENARNYA “EMO” ITU & SIAPA SAJA BAND-BAND YANG MEMAINKAN MUSIK EMO!!! Jujur,pertama kali gw (Dan kebanyakan orang tentunya) mengira band-band Emo Tuh Seperti :
  • THE USED
  • FINCH
  • STORY OF THE YEAR
  • MY CHEMICAL ROMANCE
  • TAKING BACK SUNDAY
  • FROM FIRST TO LAST
  • FALL OUT BOY
  • DASHBOARD CONFESSIONAL
  • SAOSIN
  • and another shitty band like those band ;p
Rasa pengen tau gw ama emo gak berhenti sampai disitu aja,gw terus dan terus menggali lebih dalam tentang emo, setelah browsing sana-sini… ikut berbagai macam forum diskusi, sharing dengan  banyak teman (kebanyakan di Philipine dan Malaysia), akhirnya gw nemuin MUTIARA!!! Thankz God !!!
Yang waktu itu gw anggap sebagai band Emo ternyata SALAH BESAR!!! Kesimpulan yg gw dapat adalah, EMO…Sub-genre dari Hardcore-Punk Musik, muncul pertama kali diawal tahun 1980 an, tepatnya di scene DC Hardcore Punk !!!  Band yang mengawali “Gelombang Emo” saat itu adalah : RITES OF SPRING Trus di “populerkan” oleh MOSS ICON, THE HATED, JULIA, UNION OF URANUS,INDIAN SUMMER dll. Emo sendiri udah “mati Suri” di pertengahan tahun 1990 dan emo gak akan pernah jadi SUB-CULTURE…Karena emo TIDAK MEMPUNYAI suatu “Movement / Pergerakan” yg akan mereka perjuangkan, Tidak Seperti PUNK dan HARDCORE (Tapi skrg udah banyak band-band Emo yang mengangkat tema POLITIK dll. Seperti LA QUIETE, AMANDA WOODWARD, etc)
Jadi, NGGAK ADA yang namanya Emo-Pop, Emo-Punk, Emo-Metal, Emo-Goth, Emo-core, Emo-rock, Emo-Coustic (ada sebagian orang menyebut ini sebagai sub-genre or Evolusi dari Emo! TAIK!!!) , and another shitty things !!! Karna apa??? Karna, Emo itu Sudah menjadi AKAR (sub-genre) dari Hardcore Punk musik, gw ulangin, dari Hardcore Punk musik!!! Gak ada kan “akar” dari suatu “akar”?!!? Gampangnya gini, PUNK—HARDCORE—EMO…Emo dari Hardcore, dan Hardcore dari Punk. Jelas???
Cuma SCREAMO yang bisa jadi Sub-category dari EMO itu sendiri. Pada dasarnya,Emo dan Screamo sama aja, sama2 berunsur CATHARSIS (Menyenangkan orang yg mendengarkan) dan  masih mempunyai Hardcore ETHIC, itu unsur yg harus dijaga oleh band-band emo,karena mereka berasal dari Hardcore. Hanya saja, klo kita lihat dari segi sound nya, Screamo lebih Chaotic + Lebih banyak Scream nya jika dibandingkan ama band-band emo kebanyakan (Coba dengerin INDIAN SUMMER, truz dengerin ORCHID / P.99), dari situ kalian bakalan tau apa BEDA antara musik EMO dan SCREAMO ;) Lirik juga kebanyakan tentang “kemarahan” dibungkus dalam suatu Epic dan sesekali tentang cinta (Tapi TIDAK cengeng), seperti “Venus & Bacchus” nya SAETIA), karna band-band Screamo seperti :
  • 1905
  • 49 MORPHINES
  • 1000 TRAVEL OF JAWAHARLAL
  • AMPERE
  • ANGER IS BEAUTIFUL
  • AGHAST
  • AFTER SCHOOL KNIFE FIGHT
  • A FINE BOAT, THAT COFFIN!
  • A DAYS REFRAIN
  • A DAY IN BLACK AND WHITE
  • YOU AND Ietc.
Ter influence dari Sounds Hardcore Punk + Grindcore (Grindcore kan juga termasuk salah satu sub-genre dari Hardcore).
Emo itu Sendiri Kependekan dari EMOTIVE HARDCORE !!! BUKAN EMOTION / EMOTIONAL HARDCORE !!! Disini Telah terjadi kesalahpahaman, Emotional (Dari segi Lirik) yang SEHARUSNYA berarti LUAPAN KEMARAHAN akan SUATU KETIDAK ADILAN malah di artikan sebagai RENGEKAN CENGENG, DEPRESI DIRI karena PUTUS CINTA, atau sesuatu yang berhungan dengan MENYIKSA DIRI SENDIRI dan berakhir dengan BUNUH DIRI!!! SESUATU HAL YANG MENYEDIHKAN DAN TIDAK BERGUNA SAMA SEKALI!!! jika kalian menganggap itu sebagai emo, Lebih baik kalian buat band POP aja!!! Seperti KANGEN band. Tapi vokalnya teriak2 kayak FINCH dll. Hahaha
Disini, for Basically, Kita harus mengerti klo emo tuh Sub-Genre dari Hardcore Punk (Kapan yah gw capek ingetin ini???)… Emo/Screamo tetap menganut filosofi DIY (Do It Yourself ) dari Punk itu sendiri. Jadi, emo TIDAK BISA menjadi “sesuatu” yang MAINSTREAM, Tetapi band – band emo yang seperti gw sebutin di atas itu BISA POPULER seperti hal nya band-band MAINSTREAM lainnya!!! Thankz to God for leading me to the Truth !!!
EMO = STYLE / GAYA HIDUP ??? guyz, kalian SALAH BESAR!!! Emo / Screamo itu HANYA suatu Sub-genre musik!!! Gak lebih!!! Apalagi kalo kalian sampai mempunyai pikiran / pandangan seperti : EMO IS LOVE or EMO IS A WAY OF LIFE or EMO IS SOUL and another dumbass though… guys, itu hanya akan membuat kalian semakin terlihat bodoh!!! Sorry bgt klo gw ngomong seperti ini…but, that’s the fuckin truth guyz!!!
Jika kalian mengerti Akar dari Emo dan apa itu arti emo sebenarnya, maka kalian akan paham suatu hal, Memang sudah seharusnya TIDAK ADA ISTILAH “emo kid”, “emo girl”, “emo boy” atau istilah2 goblok lainnya yang gak ada hubungannya ama Emo!!! Dan juga kalian akan paham bahwa emo tidak ada hubungannya dengan Sexual activities seperti GAY, LESBI, or BISEX!!! Coz EMO/SCREAMO IS JUZT SUB-GENRE from HARDCORE (Charged with PUNK).
Oke, gw udah share sebagian yang gw tau tentang “what the heck is emo???”…gw harap temen-temen yg ada di forum (dan yang baca tulisan ini) jadi mengerti apa itu emo / screamo yang sebenarnya, dan mulai BISA BERHENTI untuk bilang kalo THE USED, FINCH, ALESANA, dll itu adalah band-band emo/screamo (itu sangat2 memalukan)!!! Karena gw bakal seneng liat anak2 muda Indonesia mengerti apa itu emo, tidak Cuma sekedar ikut2an trend yang lagi IN (sudah saatnya Indonesia “sembuh” dari penyakit ‘FALSE EMO’, FASHIONCORE, TEARSCORE, dll.) seperti yang diciptakan oleh MTV bangsat dan MEDIA-MEDIA lain yang ngawur dan gak tau apa2 tentang Emo!!! Kalo ada yg mau diskusi tentang EMO / SCREAMO musick ato segala sesuatu yang berbau Hardcore, silahkan! Bukan kah GROUP ini dibuat agar kita sharing satu sama lain (mskpn sekali2 mencela&mencemooh hihihi) dan untuk pencerahan akan sesuatu??? Iya kan??? Karena gw lebih senang berdiskusi dengan banyak orang daripada dengan 2-3 orang yang sudah gw kenal !!!
So, keep educating yourself guys!!! DIY or DIE !!! Cari sesuatu dari sumber yang jelas, pelajari, dengarkan dan pahamin apa yang kamu percaya (musik maksud gw), diskusikan dengan teman2 kalian, trus sebarkan apa yang kalian tau!!!
Jadi orang “keras kepala” itu bukanlah suatu kejahatan, kalo bisa jadilah orang yang “keras kepala” tapi TAU apa yang kamu pertahanin!!! Jangan Jadi orang yang “keras kepala” tapi tidak tau apa2!!! C’mon guys, itu suatu kebodohan tingkat tinggi!!!seperti…(gak perlu gw sebutin disini nama orangnya, gak etis) Hahaha
Oke then, Everybody is a Winner !!!
Tulisan ini dibuat BUKAN untuk bersikap RASIST terhadap suatu jenis musik, Dan juga BUKAN untuk MENGKOTAK-KOTAKAN musik!!! TUJUAN UTAMA gw bikin ini adalah untuk PENCERAHAN, PENEGASAN, atau mungkin bisa juga sebagai PEMBENARAN atas semua KESALAH PAHAMAN tentang EMO / SCREAMO itu sendiri!!! Honest, gw dah ENEG bgt ama Penyakit MIZCONCEPTION ’bout EMO / SCREAMO (Khususnya di INDONESIA!)
GUYS, SEKARANG UDAH HAMPIR TAHUN 2009…JANGAN BODOH UNTUK TERUS”AN MENJADI KORBAN FALSE EMO…Jika ADA SUATU BAND,YANG VOKALNYA TERIAK-TERIAK (Di beberapa lirik Tertentu), DISTORSI YANG MERAUNG-RAUNG, HENTAKAN DOUBLE PEDAL BUKAN BERARTI TERUS ITU BAND EMO / SCREAMO!!! MASIH BANYAK YANG HARUS DIPERHATIKAN!!!
Believe me,Hardcore music selalu membawa sisi positif!
and…’REAL’ EMO/SCREAMO IS SOOOOOO…HARDCORE!!! Period.
Semua yg gw tulis disini MURNI dari pikiran gw, berdasarkan DEBAT sana-sini, TUKER PIKIRAN dgn beberapa orang, Juga dari Search di beberapa websites (Terutama www.youdontknowemo.tk & www.mesaverde.co.uk) !!! So, Masih masuk akal kalo gw rasa bikin tulisan ini.
THIS IS FUCKIN ORIGINAL!!! SO, NONE OF THIS WAS PLAGIARIZED!!!



 apa itu HARDCORE??



Munculnya musik Hardcore pada tahun 1970-an.Hardcore awalnya berasal dari musik punk, ada 3 Band yang awalnya membentuk aliran musik hardcore ini. Musik Hardcore ini juga banyak disebut sebagai musik underground karena kebanyakan komunitas musik ini tidak dipublikasikan ke masyarakat dan khlayak luas. Orang tidak akan mengenal siapa sajayang ada di musik Hardcore ini karena tidak mempunyai karakter yang subjektif, musik punk disini dapat dipublikasikan dan dapat dikenal dari ciri khas dan gaya - gaya mereka. dan dikomunitas Hardcore ini tidak memandang profesi siapa dan darimana asal serta umur orang itu.




Di aliran musik ini terdiri dari 3 Band yang mendirikannya, Pertama yaitu Bad Brain yang menyebarkan aliran Hardcore dengan mengadakan konser - konser disebagian kota, sehingga musik Hardcore dapat dikenal oleh khalayak dan masyarakat luas.




Kemudian yang kedua yaitu ada Bad Flag, mereka membentuk aliran ini dengan merubah aransemen lagu step - step menjadi lebih cepat, sehingga Hardcore mempunyai karakter musik sendiri.




dan ketiga adalah Minor Threat pada Band ini yang membedakan antara musik Punk dan Hardcore dengan menyerukan straight age pada komunitasnya yaitu dengan mengajak komunitas Hardcore untuk hidup lebih positif karena pada era tahun 1970-an tersebut banyak pemuda yang menyukai aliran punk yang meninggal dunia dengan sia - sia dikarenakan Narkoba. Minor Threat mengajak bahwa Hardcore yang beraliran keras bukan berarti harus memakai dan menggunakan Narkoba. Straight Age yang kemudian pecah menjadi 2 bagian,yaitu bagian positif yaitu pengikut dari Vegetarian sampai tidak yang merokok, sedangkan bagian yang Negatif kebalikannya.



tentang STRAIGHT EDGE

STRAIGHT EDGE
Apakah arti sebenarnya dari Straight Edge itu ?
* Merupakan sebuah
gaya
hidup atau lifestyle dalam sebuah lingkungan masyarakat yang berpola fikir
positif dalam setiap kehidupannya.
* Tidak mengkonsumsi alkohol, tembakau, atau hal-hal yang berbau obat-obatan.
Selalu berfikir positive. Cinta terhadap lingkungan sekitar baik itu hewan
maupun tumbuhan. Menjungjung tinggi persatuan dan kesatuan.
* Tidak melakukan promiscuity (= melakukan hubungan sex dengan cara
berganti-ganti pasangan)atau bahkan tidak melakukan sex b4 married.
* Sebagian Straight Edger ada yang melakukan "vegetarisme" bahkan
"veganisme".
Darimanakah Straight Edge itu berasal ?
Pada akhir tahun 70-an di Washington DC, USA, punk scenester setempat menjadi
kian bertambah banyak, tapi dengan berlalunya waktu semakin banyak pula punk
scenester berubah menjadi "junkies" yang berpakaian warna-warni.
Panggung pertunjukan semakin merajalela, namun hanya orang yang berusia diatas
21 tahun lah yang bisa masuk ke pertunjukan tersebut untuk menghindari
perlakuan-perlakuan yang buruk akibat masa yang mengkonsumsi obat-obatan
terlarang. Pertunjukan yang mendapat pengecualian adalah pertunjukan
"untuk semua umur". Dalam pertunjukan minoritas ini hanya dapat
menerima orang-orang yang di punggung tangannya tertera tanda "X"
yang ditandai dengan cat untuk memisahkan mereka dari orang-orang yang sedang
mengkonsumsi alkohol. (dengan tanda "X" ini mereka dapat dengan mudah
dikenali sebagai minoritas yang tidak mengkonsumsi obat-obatan)
Sebagian orang mulai bosan dengan pelecehan-pelecehan yang diakibatkan oleh
obat-obatan terlarang dan slogan "no future". Band adalah tempat
tambatan untuk menyalurkan sebagian dari pemikiran. Mereka pun mulai mengambil
inisiative untuk mencoba merubah segalanya secara perlahan-lahan melalui lirik,
maupun tingkah laku untuk memerangi obat-obatan terlarang. Band-band punk yang
menyuarakan kemuakan terhadap obat-obatan terlarang semakin banyak bermunculan.
Kemudian pada saat itulah hardcore scene lahir dari cikal bakal musik punk
dengan perkembangannya. Musik hardcore pun mulai merambah ke kawasan Eropa
sehingga mulai banyak orang menjadikan hardcore sebagai "
gaya
" dalam bermusik mereka.
Fikiran-fikiran dasar yang berakar dari punk pun menjadi bercabang dan tumbuh
pula dikalangan hardcore scene, sebagai contoh : DIY (do it yourself). Seruan
tentang politik dan kebebasan mulai digaungkan yang imbasnya menekan semua
elemen-elemen yang merusak dan digantikan dengan pesan-pesan yang berisikan
kemanusiaan, lingkungan hidup, maupun pesan-pesan positif lainnya.

Straight Edge", 1981
I’m a person just like you
But I’ve got better things to do
Than sit around and fuck my head
Hang out with the living dead
Snort white shit up my nose
Pass out at the shows
I don’t even think about speed
That’s something I just don’t need
I’ve got the straight edge
I’m a person just like you
But I’ve got better things to do
Than sit around and smoke dope
‘Cause I know I can cope
Laugh at the thought of eating ludes
Laugh at the thought of sniffing glue
Always gonna keep in touch
Never want to use a crutch
I’ve got the straight edge

Lirik diatas adalah diambil dari lirik Minor Threat yg berjudul Straight Edge
1981
Sementara itu, Minor Threat menjadi band yang terkenal dikalangan semua umur
sebagai band punk masa itu yang menandai tangannya dengan tanda X sebagai
cerminan rasa solidaritasnya terhadap anak yang dibawah umur untuk tidak
mengkonsumsi alkohol maupun obat-obatan terlarang bersama-sama. (Catatan : Ada
yang beranggapan bahwa Minor Threat adalah penemu / pencetus pilosopi Straight
Edge, sedangkan ada juga yang beranggapan penemu / pencetusnya adalah band Teen
Idle, bisa dikatakan band pra-Minor Threat walaupun tidak se terkenal Minor
Threat ). Pada tahun-tahun berikutnya band-band yang berfilosofi Straight Edge
menyebar ke seluruh kawasan Amerika.
Darimana nama "Straight Edge" itu berasal (dengan kata lain : sXe,
SE, XXX, …) ?
Bukanlah hal yang mudah untuk menjawab pertanyaan diatas, karena terdapat
berbagai versi cerita. Tapi beginilah ringkasannya :
Seorang drummer (diperkirakan orang yang pertama memperkenalkan
gaya
hidup
"drugsfree") dari salah satu band Straight Edge scene, menggambar
hanya sebuah garis lurus pada sebuah poster ketika pertunjukan bandnya
berlangsung. Ia pun mendeklarasikan bahwa tanda (garis lurus yang bertepi)
itulah sebagai lahirnya
gaya
hidup baru, setelah itu lirik untuk Straight Edge pun dibuat. Mungkin itulah
yang terjadi saat itu sampai dinamakan Straight Edge, namun sampai saat ini
belum ada yang dapat memastikan keberadaannya, tapi legendalah yang
mengatakannya.
Darimana semua "peraturan" Straight Edge itu berasal ?
Prinsip dasar yang menjadi acuan adalah dari lirik teks lagu, walaupun sampai
sekarang berkembang dari hari ke hari, dari tahun ke tahun, dan dari scene seluruh
dunia.

Out of Step (with the world), 1981
Don’t smoke
Don’t drink
Don’t fuck
At least I can fucking think
I can’t keep up
Can’t keep up
Can’t keep up
Out of step with the world

Prinsip dasar ini dibuat berdasarkan pada rasa hormat terhadap fikiran maupun
tubuh sebagai suatu kolaborasi sempurna dari sebuah penciptaan manusia yang
terlahir ke bumi. Si penulis lagu (Ian McKaye) tidak pernah memberikan
batasan-batasan ataupun aturan-aturan untuk menciptakan seorang manusia yang
sehat supaya ia mampu merasa menjadi orang yang istimewa di lingkungan suatu
masyarakat. (Catatan : Menurutku tentang lirik diatas mungkin akan timbul
sub-budaya dalam lingkungan, maksudnya apakah ada di jaman sekarang ini orang
yang benar-benar ingin melakukan semua hal yang tercantum dari lirik diatas ?
kalau memang ada bagaimana cara untuk memulainya ?) Kita sadar kita hidup dalam
suatu lingkungan sosial budaya yang terdiri dari berbagai cara pola berfikir
dan bertindak, tentunya hal ini akan mengakibatkan timbulnya berbagai macam
sistem ekologi dalam tinjauan cara berpikir manusia, namun yang perlu diingat
adalah setiap individu mempunyai suatu pola dasar untuk berfikir dan bertindak
"sama" dengan manusia lainnya. Hal inilah yang menyebabkan ada
sekelompok orang yang mampu mendobrak kata "mampu atau tidak mampu",
"bisa atau tidak bisa", bahkan "ya atau tidak". Apabila
seseorang mengatakan "ya" dalam hatinya, ia pasti dapat membuat suatu
perubahan yang dramatis dalam hidupnya, dan hal ini pula berlaku ketika ia
mengatakan "tidak".
Terlepas dari itu semua yakinlah bahwa suatu prinsip dasar yang telah mengakar
dalam hati seseorang akan bercabang dan akan tumbuh semakin besar, dan ketika
suatu saatnya nanti ia pasti akan tinggal memetik buah dari hasil yang telah ia
semai untuk dipanen.
Hal yang sering orang lain salah faham tentang Straight Edge :
*
Ada
anggapan
bahwa "Straight Edger harus vegetarian". Seorang Straight Edger tidak
harus menjadi seorang vegetarian untuk menjadi seorang Straight Edge, tapi
alangkah lebih baik apabila mulai mencoba untuk menjadi seorang vegetarian
walaupun secara perlahan-lahan, karena vegetarian sangat erat hubungannya
dengan hak-hak binatang dan untuk kepentingan kesehatan itu sendiri. Mungkin
sangat naif apabila dalam kehidupan sehari-hari ia menyerukan tentang
lingkungan hidup khususnya hak-hak binatang, tetapi disamping itu ia
mengkonsumsi daging hewan.
*
Ada
anggapan
bahwa "Straight Edge tidak melakukan sex". Yang patut diingat disini
ialah, "Tidak melakukan hubungan sex bebas atau promiscuity (melakukan
hubungan sex dengan berganti-ganti pasangan).
* Straight Edge sangat menghargai orang yang berbeda pendapat sekalipun.
Apakah Straight Edge = bebas obat-obatan ?
Jawabannya bisa iya juga bisa tidak ! Tidak semua Straight Edge mendefinisikan
gaya
hidup"drugfree" adalah 100 % terbebas dari yang namanya obat-obatan.
Berbagai pendapat bermunculan, tergantung dari sudut pandang mana ia melihat.
Di negara Amerika, kata "drugfree" mempunyai definisi yang lain.
Contohnya : orang yang mengkonsumsi bir ataupun tembakau, mereka meng-klaim
diri mereka sebagai "drugfree", karena mereka berfikir bahwa ia tidak
mengkonsumsi kokain, heroin, mariyuana, dll. Menurut mereka bir atau tembakau
bukanlah sejenis obat-obatan. Namun perbedaan cara pandang ini sangat ditolelir
karena setiap individu mempunyai sudut pandang yang berbeda, iya
kan
?
Se-terkenal apakah Straight Edge ?
Dari tahun-ketahun pergerakan Straight Edge semakin berkembang saja, terlebih
lagi ketika pada pertengahan tahun ‘90-an band Earth Crisis diwawancarai oleh
MTV maupun majalah / koran setempat tentang sebuah gaya hidup baru (Straight
Edge), yang terkadang mereka memberikan komentar yang buruk. Dua tahun terakhir
ini scene mulai aktif kembali, dan media pun mulai memberikan komentar yang
baik tentang pergerakan Straight Edge.
Bagaimana caranya bisa menjadi seorang Straight Edge dan sampai kapan ?
* Bagaimana ? = Ini bukanlah klub pecinta alam ataupun partai politik yang
harus mendaftar untuk menjadi seorang anggota, melainkan berkeyakinanlah kamu
dalam hati bahwa "aku adalah seorang Straight Edge", lakukanlah semua
prinsip dasar, dan mulailah mencari semua informasi tentang Straight Edge untuk
menambah pengetahuan serta pengalamanmu.
* Sampai kapan ? = Keputusan menjadi seorang Straight Edge haruslah seumur
hidup. Terkadang ada orang yang merasa terbebani oleh semua peraturan yang ada,
sehingga ia pun memutuskan untuk berhenti. Itulah tantangan hidup kawan,
lakukan yang terbaik untuknya.
Hal detail tentang Straight Edge :
* HARDLINE :
Salah satu topik yang sering menjadi kontroversi di kalangan Straight Edger
adalah HARDLINE dengan gerakannya yang berbentuk "militan". Militant
anti-drug, animal rights position, pro lifers (menentang aborsi), dan pro
choicers (hak-hak wanita) adalah berbagai aksi serta masalah utama yang sering
diangkat pada pertengahan tahun ‘90-an oleh HC scene dikawasan Amerika.
HARDLINE lebih memaksa seseorang untuk menjadi seorang Straight Edge.
* KRISHNA :
Pada awal tahun ‘90-an prinsip ini berkembang menjadi gelombang besar bagi
band-band Krishna HC di Eropa. Lagi-lagi Ray Cappo (Youth Of today) yang
mengenalkan "
Krishna
religion"
disamping idealisme Straight Edge yang lain. Karakter Krishna religion sangat
mudah dipahami (vegetarian sebagai hal utama) anti-drugs dan promiscuity.
Tetapi dengan berjalannya waktu, mayoritas masyarakat beranggapan bahwa
tidaklah mudah untuk mempersatukan straight edge / hardcore / punk dengan
agama…
* CHRISTIANITY :
Bisa dikatakan ini merupakan sebuah kemajuan, namun pada pertengahan tahun
‘90-an hal aneh pun terjadi : Straight Edge tiba-tiba saja berhubungan dengan
CHRISTIANITY (masyarakat yang memeluk agama kristen). Sebagian orang dari
"dunia lain’ beranggapan bahwa Straight Edge itu sendiri telah menjadi
sebuah struktur organisasi keagamaan, namun kenyataannya sangatlah bertolak
belakang dengan pendapat orang-orang diatas. Mungkin kita dapat menemukan para
straight edger yang religius dan unsur-unsur agama dalam pilosofi straight
edge, tetapi inti dari straight edge tidak mempunyai kesamaan apapun dengan
organisasi agama. Tidak ada ada tempat ibadah…., tidak ada kitabsuci, bahkan
para straight edger bebas melakukan kegiatan agamanya masing-masing tanpa ada
ikatan apapun. Tapi jangan lupa, bahwa prinsip Atheisme (tidak mengenal tuhan)
menjadi bagian dari punk scene pada awal-awalnya.
Kesimpulannya, straightedge merupakan satu cara hidup yang sihat dan bersih.
Straightedge tidak mengikat kita, hanya kita yang memilih corak hidup kita
sendiri. Selain itu banyak orang beranggapan bahwa band – band indie terutama
yg beraliran Hardcore itu penuh dengan alkohol, drugs & freesex. Tapi semua
itu dapat terbantahkan, memang tidak bisa dipungkiri masih banyak band-band
yang beraliran seperti itu yang mempunyai perilaku tersebut. Itu berarti mereka
masih berpikiran sempit dalam mengartikan Hardcore sesungguhnya.
INTRO
Straight edge…..merupakan satu cara hidup yang bersih dan sihat. Straight edge
tidak mempunyai apa-apa peraturan yang menentukan cara hidup kita. Ia hanyalah
sebagai satu simbol kepada mereka yang mahu memilih hidup dengan cara yang
sihat dan bersih.Apa yang aku tulis ini bukanlah definisi straight edge yang
betul dan tepat. Ini hanyalah pandangan dan pendapat aku mengenai straight
edge. Corak hidup edger ditentukan oleh diri sendiri. Edger akan menolak
sebarang penggunaan bahan-bahan yang akan merosakkan diri mereka seperti rokok,
dadah, seks bebas dan lain-lain bahan yang boleh merosakkan diri

SEJARAH

Straighedge telah dipelopori oleh band hardcore dari DC,USA, iaitu Minor
Threat. Vokalis band tersebut, Ian MacKaye telah membawa satu falsafah yang
ringkas dalam lagu mereka “straightedge”, iaitu “don’t drink, don’t smoke,
don’t fuck”. Falsafah ini telah menjadi ikutan ramai remaja diseluruh dunia. X,
sXe, xxx, merupakan simbol yang sinonim dengan straighedge.
Para
edger akan menandakan x ditangan mereka untuk memberitahu bahawa mereka adalah
straightedger. Asal usul penggunaan huruf x tersebut adalah pada sekitar tahun
80-an, dimana gig-gig dibuat dipub yang memang menyediakan alcohol, oleh itu
remaja-remaja yang dibawah umur akan menandakan x pada tangan mereka dan oleh
yang demikian mereka tidak akan dihidangkan dengan alcohol. Selain itu punkers
yang berusia lebih dari 18 tahun tetapi tidak minum alcohol juga akan
menandakan tangan mereka dengan huruf x. sXe pula ringkasan bagi straightedge
dimana s untuk straight, e untuk edge dan huruf x ditengah-tengah untuk
menunjukkan yang mereka itu bersih daripada dadah, rokok, dan seks bebas. Xxx
menunjukkan bahawa mereka menolak tiga perkara iaitu rokok, alcohol dan seks
bebas serta lain-lain bahan yang merosakkan

MUSIK

Straightedge berkembang dalam scene punk/hardcore.Oleh yang demikian,musik
memainkan peranan yang amat penting dalam straigtedge. Musiknya keras, laju dan
lirik yang penuh dengan kemarahan. Hardcore merupakan satu satu style yang
bermula sekitar 80-an. Akar musik hardcore adalah punk. Antara band-band
hardcore terawal adalah Black Flag, Minor Threat, Sick of it all, Bad Brains,
Fugazi dan lain-lain band punk era “2nd wave”. Mereka ini memainkan musik yang
lebih berat berbanding band-band punk awal seperti Sex Pistols, The Clash dan
lain-lain. Hardcore boleh dibahagikan kepada dua jenis, (pada kebiasaannya ia
dibahagikan dalam east coast atau west coast, ia terpulang dari mana band tersebut
bermain) . Jenis yang pertama agak lembut penyampaiannya dimana vokalisnya akan
membawa vokal bermelodi manakala jenis yang kedua pula lebih keras,rhythm main
dan berenti serta vokal yang menjerit. Dalam muzik hardcore juga terdapat old
school dan new school. Perbezaan dari segi musikal adalah, old school membawa
lagu yang lebih kearah muzik punk manakala new school lebih berorientasikan
musik metal. Didalam hardcore juga terdapat sub-genre iaitu musik emo. Music
emo menggabungkan music hardcore dengan musik yang lebih bermelodi dan
eksperimental. Fugazi merupakan antara band emo. Emo adalah berasal daripada
perkataan emotional. Dalam cerita klasik emo, emo kids akan menangis dalam gig.

VEGAN

Dalam straightedge terdapat juga mereka yang mengamalkan veganisme iaitu mereka
yang tidak menggunakan sebarang bahan atau makanan daripada haiwan.
Walaubagaimanapun, veganisme bukanlah sebahagian daripada straightedge. Ia
bukanlah prinsip asas straightedge iaitu “don’t smoke,don’t drink, don’t fuck”.
Kesimpulannya, straightedge merupakan satu cara hidup yang sihat dan bersih.
Straightedge tidak mengikat kita, hanya kita yang memilih corak hidup kita
sendiri.



A. Sejarah Pergerakan Straight Edge

Straight Edge adalah sebuah paham positif yang muncul pada pertengahan tahun 80-an di Amerika Serikat dengan slogan “Don’t Smoke, Don’t Drink, Don’t Do Drugs”. Pergerakan Straight Edge muncul sebagai suatu bentuk keprihatinan terhadap situasi yang terjadi di dalam komunitas Punk Rock di Washington DC, Amerika Serikat yang pada saat itu semakin hanyut kedalam attitude negatif dengan slogan “No Future”. Gaya hidup tidak sehat yang dilakukan oleh Punk Rock-ers di Amerika Serikat yang dianggap sudah terdistorsi dan terstandarisasi membuat sekelompok Punk Rock-ers memilih gaya hidup yang berbeda dari tipikal counter culture lain.
Istilah “Straight Edge” atau sXe yang menjadi identitas komunitas yang memilih untuk hidup dengan cara yang berbeda, berasal dari sebuah lagu anthem milik sebuah grup band Punk Rock Minor Threat yang kemudian menjadi influence bagi counter culture Punk Rock sampai sekarang. Lirik lagu tersebut mewakili banyak anak muda yang memang tidak tertarik untuk menjadi tipikal Punk Rock-ers saat itu. Pergerakan ini kemudian mulai meluas dan mendunia. Lambang X di tangan yang semula merupakan penanda bagi anak dibawah umur dan tidak boleh membeli minuman beralkohol menjadi simbol universal pergerakan Straight Edge.
Pada perkembangan selanjutnya, pergerakan sXe menambahkan beberapa “norma” baru dalam paham sXe yaitu “Pro-Life, No Free Sex, Environmentalism, and Animal Rights”. Filosofi tambahan ini sering diwujudkan melalui vegetarianisme atau veganisme. Namun, masalah yang sering diangkat sebagai pendukung pergerakan ini adalah masalah animal rights.

B. Pergerakan Straight Edge di Yogyakarta


Di Indonesia, paham sXe masuk melalui newsletter, zine maupun musik yang dibawakan oleh grup-grup band penganut sXe. Pergerakan sXe disini juga mempengaruhi banyak anak muda untuk mengikuti gaya hidup positif. Straight Edge kemudian menjadi pergerakan yang lebih personal dan menjadi alternatif life style dalam sebuah sub kultur anak muda.
Sama halnya dengan pergerakan sXe yang terdapat di kota-kota lain di Indonesia, hidup dengan cara positif telah membuat sebagian besar remaja Yogyakarta tertarik menjadi anggota komunitas sXe-ers. Seperti pada salah seorang anggota sXe yang menjadi nara sumber, dia mengikuti gaya hidup sXe karena tertarik dengan life style positif yang ditawarkan oleh pergerakan ini. Selain itu, sebelum menjadi seorang sXe-ers, dia memang melakukan hal-hal yang menjadi dasar pergerakan sXe yaitu anti rokok, anti minuman keras dan anti obat-obatan terlarang sehingga menjadi bagian dari pergerakan ini tidak mengubah apapun dalam hidupnya namun malah membawa perubahan yang lebih baik bagi hidupnya.
Pada pergerakan sXe di Yogyakarta ini juga terdapat sXe militan. Straight Edge militan ini merupakan sekelompok sXe-ers yang menganut gaya hidup vegan. Hal ini berkaitan erat dengan filosofi tambahan sebagai konsekuensi perkembangan pergerakan sXe yang menambahkan beberapa norma baru selain norma-norma yang telah menjadi standart komunitas sXe. Idealisme untuk mewujudkan kehidupan yang selaras antara manusia dengan lingkungannya telah memunculkan sub kultur baru sebagai pecahan dari pergerakan sXe, yaitu hardline sXe. Kemunculannya yang menimbulkan konflik internal komunitas sXe sering kali bersifat anarkis.
Pengrusakan restoran fast food yang menjual makanan yang mengandung daging, pengeroyokan terhadap remaja yang sedang melakukan pesta yang disertai dengan minuman keras bahkan melepaskan binatang piaraan yang menjadi hak milik orang lain mewarnai kontroversi keberadaan komunitas ini di masyarakat khususnya di dalam komunitas sXe sendiri. Para sXe-ers militan ini dapat dilihat dari pola makannya yang pure vegetarian dan sama sekali tidak mau berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan binatang (misalnya tidak mengkonsumsi telur dan susu, tidak mau memakai ikat pinggang yang terbuat dari kulit serta tidak mau menggunakan barang-barang yang berhubungan dengan binatang).

C. Karakteristik Komunitas


Pada anggota sXe kebanyakan, pengaruh yang didapatkan sehingga menjadi seorang sXe-ers adalah melalui musik. Tidak dapat disangkal bahwa musik telah membawa banyak pengaruh kedalam kehidupan masyarakat, bukan hanya pada komunitas-komunitas tertentu seperti komunitas Punk dan sXe. Sebagian besar anggota sXe adalah pemain musik atau orang yang menyukai musik Hard Core. Berawal dari kegiatan berkumpul dengan sesama penggemar musik Hard Core dan melalui penerbitan newsletter, para remaja yang sama sekali tidak mengenal pergerakan ini kemudian termotivasi untuk menjadi bagian dari pergerakan ini. Hal ini seperti yang telah dikemukakan oleh para nara sumber. Karakteristik komunitas ini juga tidak bersifat eksklusif sehingga orang yang bukan merupakan anggota komunitas sXe tetap diterima dengan baik.
Mengenai alasan pemilihan jenis musik Hard Core sehingga menjadi basis dari pergerakan sXe sendiri tidak lepas dari sejarah pergerakan sXe. Ketidakpuasan para sXe-ers terhadap tipikal Punk-ers pada saat itu membuat komunitas sXe-ers melirik jenis musik Hard Core yang karakteristik komunitasnya terbuka dan tidak terdistorsi oleh gaya hidup tidak sehat. Itu sebabnya komunitas sXe sekarang diidentikkan dengan komunitas Hard Core. Namun, bukan berarti seorang anggota komunitas Hard Core adalah juga merupakan seorang sXe-ers.
Komunitas sXe kemudian menjadi salah satu bagian dari beragam komunitas yang membentuk realitas sosial di kota Yogyakarta. Namun, keberadaan komunitas-komunitas sXe di Yogyakarta hampir tidak terlihat. Tidak seperti komunitas punk. Hal ini disebabkan oleh sikap para sXe-ers yang tidak pernah mengklaim dirinya sebagai seorang sXe. Selain itu, komunitas sXe sendiri tidak mempunyai atribut ataupun simbol khusus yang menjadi pembeda antara komunitas sXe dengan komunitas lain. Baik dari gaya berpakaian maupun perilaku para sXe-ers tidak jauh berbeda dengan remaja kebanyakan. Bila komunitas Punk dapat dikenali dari gaya mereka berpakaian dan sikapnya yang anti sosial, maka para sXe-ers hanya dapat dikenali dari pola hidup mereka yang kebanyakan merupakan vegetarian. Keberadaannya yang kurang terlihat menyebabkan kurangnya komunikasi antar komunitas sXe. Walaupun berada di wilayah yang sama seperti di Yogyakarta, para sXe-ers hanya dapat mengenali sesama anggota komunitas tempat dia berkumpul. Tidak ada interaksi yang terjadi antar komunitas sXe. Bila ada, hal tersebut bersifat personal bukan kolektif.
Membahas interaksi sosial yang terjadi pada komunitas sXe tidak lepas dari fenomena yang terlihat jelas pada realitas sosial yang terjadi di Yogyakarta. Telah menjadi sebuah rahasia umum, bahkan sering ditemukan tidak hanya pada sXe-ers di Yogyakarta ini bahwa pada komunitas sXe dengan komunitas Punk timbul sebuah konflik internal yang tidak jarang melibatkan perkelahian fisik. Namun, di Yogyakarta sendiri anggota dari masing-masing komunitas tersebut saling menghargai. Ketika para sXe-ers mengadakan konser musik underground di Fame Club, Apartemen Sejahtera beberapa waktu yang lalu para Punk-ers yang menonton acara tersebut menghargai idealisme sXe dengan memilih untuk merokok dan minum minuman keras di luar area konser.

D. Eksistensi Komunitas Straight Edge Di Yogyakarta


Karena tidak ada hal-hal khusus yang menjadi penanda para anggota komunitas sXe maka keberadaan komunitas tersebut hanya dapat dilihat dari komunitas sXe itu sendiri. Salah satu komunitas sXe yang keberadaannya cukup lama dan dikenal oleh hampir seluruh sXe-ers di Yogyakarta adalah Positive Foundation. Positive Foundation merupakan sebuah organisasi informal yang didirikan sebagai pengganti Karang Malang Straight,sebuah komunitas sXe yang terdapat di daerah Karang Malang, Yogyakarta. Sampai saat ini jumlah anggota dari Positive Foundation sekitar 15 orang, baik yang aktif maupun non aktif. Tujuan pendirian organisasi ini adalah selain sebagai bentuk pergerakan nyata dari komunitas sXe itu sendiri juga sebagai tempat berkumpul dan bertukar informasi bagi sXe-ers. Dalam kurun waktu setahun setelah pendiriannya, Positive Foundation mulai berkembang dan mendukung kegiatan komunitas sXe di Yogyakarta seperti menerbitkan newsletter bernama ‘BETTER DAY’ yang berisi segala informasi mengenai pergerakan sXe itu sendiri beserta informasi mengenai hal-hal yang menjadi idealisme sXe, seperti gerakan animal welfare, perlindungan terhadap satwa-satwa langka, perlindungan terhadap animal rights, dsb. Selain itu, Positive Foundation juga mengadakan kegiatan bakti sosial di panti asuhan dan mendukung acara-acara musik yang diadakan oleh komunitas sXe Yogyakarta.



Punk DAN Pergerakan

Punk, Sebuah Pergerakan Yang Menjadi Komunitas



Pada awal kemunculannya, Punk merupakan sebuah gerakan perlawanan yang dilakukan oleh sekelompok buruh di Inggris yang tidak puas dengan sistem sosial yang berlaku pada saat itu yang mengelompokkan masyarakat menjadi dua golongan, yaitu kaum pengusaha (pemilik modal) dan kaum pekerja. Ketidakpuasan para buruh terutama diakibatkan oleh perlakuan masyarakat kelas pengusaha terhadap kelas pekerja. Kesenjangan sosial yang terjadi dan eksploitasi yang dilakukan kaum pengusaha terhadap kaum buruh menimbulkan perasaan senasib diantara para buruh dan kemudian melahirkan sebuah pergerakan yang menentang sistem kapitalisme. Pergerakan tersebut kemudian membentuk sebuah komunitas yang anggotanya terdiri atas kaum buruh yang mempunyai pandangan yang sama terhadap tindakan sewenang-wenang para pemilik modal. Dengan menganut prinsip Do It Yourself dan Equality, gerakan resistensi radikal yang kemudian menjadi budaya penentangan tersebut dikenal sebagai Punk.
Pergerakan Punk di Jogja telah masuk sejak tahun 1970-an tetapi baru benar-benar meledak pada tahun 1990-an. Hal ini disebabkan oleh ekspose media massa terhadap komunitas Punk yang baru terjadi pada pertengahan 1990-an dan kemudian mengubah pergerakan resistensi radikal menjadi sebuah budaya trend global dari kapitalisme.
Disebut begitu sebab sekarang anak-anak muda yang mengikuti pergerakan Punk hanya sebatas penampilan luarnya saja dan tidak tahu apapun mengenai Punk itu sendiri kecuali anarkisme yang sering identik dengan komunitas Punk. Padahal, anarki menurut Punk adalah anarki dalam cara berpikir dan bagaimana Punk bisa melakukan pemberontakan dengan cara sendiri.

Fashion, Musik dan Life Style

Terkait dengan sejarah pergerakan Punk, anggota komunitas Punk menuangkan ideologi pergerakan mereka melalui simbol-simbol yang sampai sekarang tetap melekat dan menjadi identitas dari komunitas Punk di seluruh pelosok wilayah. Simbol-simbol tersebut dituangkan melalui gaya hidup, cara berpakaian dan jenis musik yang dimainkan oleh anak-anak Punk.
Cara berpakaian anak-anak Punk yang cenderung lusuh dan terlihat menyeramkan karena berbagai macam aksesori yang tidak biasa digunakan oleh anak-anak muda pada umumnya mempunyai arti khusus dan berhubungan erat dengan sejarah awal pergerakan Punk. Bukan karena keinginan untuk tampil beda dan untuk menarik perhatian saja. Simbol-simbol tersebut antara lain sepatu boots Doc Mart yang melambangkan kaum buruh itu sendiri sebagai penggagas pergerakan Punk, sedangkan celana jins cingkrang dengan jas dan dasi yang sering dikenakan oleh para Rude Boy (komunitas Ska/Tutons) dimaksudkan untuk menyindir kaum Borjouis. Rambut Mohawk, safety pin, kalung anjing dan gelang spike melambangkan perlawanan terhadap kemapanan dan modernisasi.
Komunitas Punk lahir di jalanan dan anggota dari komunitas tersebut juga merupakan orang-orang jalanan maka tempat berkumpul anak-anak Punk adalah di jalan. Tempat yang biasa digunakan untuk berkumpul (dalam istilah komunitas Punk disebut sebagai nye-treet, diambil dari kata street yang berarti jalan) adalah di perempatan jalan. Di Jogja, perempatan-perempatan jalan yang sering digunakan untuk nye-treet antara lain di perempatan dekat Mirota Kampus UGM, perempatan jalan Wirobrajan, perempatan jalan di dekat pasar Demangan, serta perempatan jalan Gondokusuman di sebelah toko Grasia. Berdasarkan lokasi nye-treet tersebut maka muncul istilah Punk Mirota Kampus, Punk Wirobrajan, Punk Demangan atau pun Punk Grasia.
Penamaan komunitas Punk di masing-masing daerah tersebut bukan dimaksudkan sebagai pembatas atau tindakan pengkotak-kotakan komunitas sebab pada dasarnya anak-anak Punk yang ada di scene Jogja adalah orang-orang yang sama apa pun sebutannya dan menjadi satu komunitas. Pemberian nama itu hanya untuk memudahkan identifikasi lokasi yang menjadi tempat nye-treet anak-anak Punk.
Anak-anak Punk yang mempunyai kegiatan nye-treet tersebut sering dikenal dengan istilah ‘Street Punk’. Dalam pergerakan Punk terdapat berbagai macam jenis Punk dengan aliran musik yang berbeda. Namun, inti dari pergerakan Punk itu sendiri apa pun jenis alirannya adalah sama yaitu ‘Do It Yourself’. Idealisme tersebut seolah menjadi sebuah harga mati bila ingin ikut ke dalam pergerakan Punk dan masuk menjadi anggota komunitas Punk. Dari idealisme tersebut, para anggota komunitas Punk mewujudkannya melalui fashion, life style dan terutama melalui musik.
Punk dan musik adalah satu kesatuan. Karena kebanyakan anak-anak Punk adalah musisi maka gerakan yang paling dominan adalah melalui musik, yaitu dengan indie label atau underground. Musik dengan irama cepat dan berdistorsi kasar serta syair lagu yang penuh dengan kritik sosial merupakan ciri dari komunitas Punk. . Musik menjadi media komunikasi bagi komunitas Punk dalam menyampaikan protes mereka terhadap tatanan sosial masyarakat.
Selain itu, musik dengan syair-syair lagunya yang sarat dengan kritik sosial politik dapat menjadi sarana pendidikan politik yang ampuh bagi anggota komunitas Punk. Tetapi, lirik lagu yang dimainkan oleh band-band Punk tidak hanya bertema sosial politik saja, ada juga yang mengangkat tema mengenai kehidupan sehari-hari anak-anak Punk.

Proses dan Bentuk Komunikasi Yang Terjadi Dalam Komunitas Punk



Bentuk komunikasi yang terjadi di dalam komunitas Punk di Jogja adalah melalui newsletter, pamflet underground, even musik serta kegiatan nye-treet yang biasanya memakan waktu hingga berjam-jam dan dilakukan setiap hari terutama pada Sabtu malam.
Kegiatan nye-treet yang sering dilakukan oleh anak-anak Punk menjadi sarana paling efektif untuk berdiskusi, saling bertukar informasi ataupun sebagai sarana sosialisasi pergerakan Punk untuk para Poser (orang yang tertarik dengan pergerakan Punk namun bukan seorang anggota Punk) dan sarana publikasi acara musik yang akan diadakan oleh komunitas Punk di daerah tertentu.
Pada saat nye-treet tersebut, anak-anak Punk biasanya berdiskusi seputar isu-isu yang terjadi di masyarakat maupun di dalam komunitasnya sendiri dan saling bertukar informasi berupa news letter, zine, kaset, literatur, majalah maupun pamflet terbitan underground. Pertukaran informasi yang terjadi tersebut biasanya menjadi sarana sosialisasi pergerakan Punk bagi anggota komunitas Punk yang baru bergabung dan ingin mengetahui lebih dalam mengenai Punk dan idealismenya.
Berawal dari kegiatan nye-treet tersebut sering kali muncul diskusi mengenai penyelenggaraan even-even musik Punk. Sampai saat ini, even musik yang berhasil diselenggarakan oleh komunitas Punk Jogja, antara lain Jogja Hari Ini, Jogja Brebeg, Sunday Morning (yang rutin diadakan sebulan sekali di depan kampus fakultas Filsafat UGM) serta Here Comes The Bastard.
Proses pelaksanaan even-even musik tersebut biasanya bermula dari gagasan beberapa orang anak Punk yang sedang nye-treet kemudian dikembangkan menjadi sebuah rapat besar yang melibatkan anggota komunitas Punk di Jogja melalui perwakilan dari masing-masing wilayah (Punk Mirota Kampus, Punk Demangan, Punk Wirobrajan, dsb). Setelah melalui beberapa kali pertemuan dan tercapai kesepakatan bersama, masing-masing wilayah biasanya akan membantu panitia dengan memberikan donasi berupa uang maupun alat-alat musik. Kegiatan-kegiatan seperti itulah yang memperkuat solidaritas dan menjadi media komunikasi bagi anggota komunitas Punk Jogja.
Namun, seiring dengan perkembangan jenis media serta kemajuan di bidang teknologi, anak-anak Punk Jogja saling berinteraksi dan berkomunikasi dengan anggota komunitas Punk di daerah lainnya melalui internet.
Kegiatan komunikasi yang dilakukan antara lain dengan saling mengirim e-mail, diskusi melalui mailing list ataupun mengakses situs dan zine underground yang dibuat oleh komunitas Punk di wilayah tertentu seperti www.punkpages.cjb.net, www.papakermadistro.cjb.net, www.fastnbulbous.com atau www.geocities.com/innergarden_zine. Melalui internet, interaksi anggota komunitas Punk baik lokal maupun internasional semakin terjalin dengan baik dan menambah pengetahuan bagi masing-masing anggota komunitas.

Karakteristik Komunitas Punk Jogja


Komunitas Punk yang ada di scene Jogja adalah komunitas yang terbuka. Anak-anak Punk di Jogja sangat mudah menerima kehadiran orang lain yang bukan merupakan anggota komunitas. Namun, sering kali masyarakat menganggap kalau komunitas ini adalah komunitas yang eksklusif. Hal ini mungkin disebabkan oleh gaya berpakaian anak-anak Punk yang aneh menurut tataran umum serta stigma negatif masyarakat terhadap komunitas Punk.
Anggota komunitas Punk di scene Jogja juga memiliki jiwa sosial dan solidaritas yang tinggi terutama pada kelompoknya. Loyalitas antar anggota dalam satu komunitas juga sangat tinggi dan hal tersebut menjadi suatu kesepakatan bersama yang selalu dipegang oleh anak-anak Punk, “right or wrong, this is my friend”.
Selain itu, hubungan sosial yang terjadi sangat erat sebab terdapat kegiatan komunikasi yang jelas antar komunitas. Kegiatan komunikasi tersebut dapat terjadi dalam kerangka personal maupun kelompok. Ciri fisik yang terlihat jelas pada atribut yang dipakai oleh anggota komunitas Punk memudahkan para anggota komunitas-komunitas Punk untuk saling mengenal dan berkomunikasi sehingga akhirnya terbentuk solidaritas yang kuat antar komunitas Punk dalam satu scene.
Dalam komunitas Punk di Jogja, anggota komunitas kebanyakan didominasi oleh laki-laki. Anggota perempuan juga ada tetapi hanya terdapat dalam jumlah yang sedikit. Itu saja merupakan orang-orang yang benar-benar mengerti dan mengikuti secara total pergerakan Punk, tidak hanya ikut-ikutan teman atau pacar. Untuk daerah Jogja, karena anggota Punk perempuan masih sedikit jumlahnya maka keberadaannya kurang begitu terlihat dan belum pernah melakukan pergerakan nyata seperti Punk perempuan di Jakarta yang membuat pergerakan anti diskriminasi gender dan kekerasan terhadap perempuan.
Minimnya perempuan yang menjadi anggota komunitas Punk tersebut disebabkan oleh pengaturan dalam tatanan sosial masyarakat yang membedakan peran antara laki-laki dengan perempuan. Selain itu, isu seksisme juga menjadi kekhawatiran utama bagi perempuan untuk mengikuti gaya hidup Punk. Namun, massa Punk sendiri tidak pernah membedakan orang-orang yang ingin mengikuti pergerakan Punk sebab prinsip Equality adalah salah satu prinsip yang menjadi dasar pergerakan Punk selama ini.


#1 PP #2 PP #3 PP #4 PP
#5 PP #6 PP #7 PP #8 PP
#9 PP #10 PP #11 PP #12 PP
#13 PP #14 PP #15 PP #16 PP
#17 PP #18 PP #19 PP #20 PP
#21 PP #22 PP #23 PP #24 PP
#25 PP #26 PP #27 PP #28 PP
#29 PP #30 PP #31 PP #32 PP
#33 PP #34 PP #35 PP #36 PP
#37 PP #38 PP #39 PP #40 PP
#41 PP #42 PP #43 PP #44 PP
#45 PP #46 PP #47 PP #48 PP


Bila Perkawinan Punkers Berlangsung ala Adat Bugis

Tak seperti biasanya, siang itu, sebuah upacara perkawinan yang digelar di Teteaji, Sidrap menyedot perhatian warga sekitar. Tak hanya dihadiri para undangan, laki dan perempuan baik dewasa maupun anak-anak pun ikut menyemut di sekitar rumah Uga, sang pengantin perempuan.
Uga, gadis manis di kampung ini, sedang melangsungkan pernikahan dengan seorang pemuda yang amat dicintainya. Budi, nama pria itu. Berwajah ganteng dan bertampang keren. Tapi, bukan keserasian pasangan itu yang memancing antusiasme para warga. Budi adalah seorang punker tulen..
“Warga mau tau, gimana perkawinan seorang punker sejati dengan cewek yang keluarganya teguh memegangi tradisi,” tutur Uga yang keturunan bangsawanan Bugis ini.
Benar. Ketika iringan pengantin datang, warga betul-betul dibuat kagum. Budi tidak menanggalkan atribut dan identitasnya sebagai punker. Piercing dan tindik tetap menghiasi bagian tubuhnya. Tak lupa sepatu bot yang khas membungkus kedua kakinya.
Uniknya, Budi rela membalut tubuhnya dengan pakaian pengantin ala adat kerajaan Bugis. Jas tutup, sarung bugis dan songkok tutup kepala khas Bugis. Ia pun membawa berbagai erang-erang, barang bawaan pengantin laki-laki berisi pakaian perempuan dan cincin kawin yang diletakkan di ujung paruh burung yang terbuat dari kain sarung. Mengiringi sang penganting, beberapa orang tua berpakaian adat. Tapi yang lebih mengundang senyum para warga adalah kehadiran puluhan para punker beratribut lengkap yang ikut mengiringi sang calon pengantin.
“Saya harus bisa negosiasi dengan aturan adat yang penting, tapi bukan berarti identitas itu kita lepas,” ujar Budi menimpali penuturan sang istri.
Apa yang dituturkan Budi bukan sekedar ungkapan retoris. Bagi Budi, perlu pejuangan panjang untuk memperoleh restu calon mertuanya yang teguh memegangi tradisi Bugis. Bahkan katanya perkawinan bisa kandas bila ia tidak pandai-pandai mengambil hati si calon mertua. Maklum, ayah Uga sempat meminta Budi meninggalkan dunia punk yang digelutinya.
“Boleh Pak. Saya akan keluar dari punk tapi saya tidak menjamin bisa memberi makan anak bapak,” ujar Budi setengah menggertak. Setelah berdialog panjang, rupanya orang tua Uga pun mulai mengalah dan menerima Budi apa adanya. “Asal dalam proses perkawinan pengantin laki-laki harus mengikuti beberapa prosesi adat,” ujar Uga menirukan ucapan ayahnya. Akhirnya antara kedua belah pihak pun tercapai kata sepakat.
Keteguhan punker yang tetap berada di luar jalur mainstream ini menarik disimak. Bagi punker macam Budi ini, praktek alienasi bukan hanya oleh kapitalisme industrial, tapi juga belenggu adat. Namun perlawanan itu tidak bisa dilakukan secara frontal. “Kondisi di Jakarta berbeda dengan Makasar-Bugis, adat di sini masih kental. Norma-norma yang membelenggu harus dilawan tapi dengan cara negosiasi,” tandas Killy, seorang punker yang baru dua minggu mudik dari Jakarta ini.
Punk dan tradisi lokal
Strategi perlawanan punker Makasar-Bugis nampak berbeda dengan pemberontakan punk yang selama ini diangkat dalam berbagai tulisan. Pemikir Cultural Studies semacam Hebdige, Hall dan Jeferson lebih banyak mengangkat perlawanan komunitas punk terhadap kelompok kelas menengah-atas. Punk hadir dalam kontradiksinya dengan gaya dan kebiasaan kelas menengah. Rambut klimis tersisir rapi dilawan dengan model mohawk. Tubuh bersih dengan pakaian rapi dilawan dengan tubuh penuh tatto, pearcing, tindik dan pakaian acak-acakan. Musik jaz dan musik klasik dikontraskan dengan musik punk yang hinggar-bingar dengan lirik-lirik sinis. Dengan demikian ada garis batas tegas yang membelah antar kelompok-kelompok sosial ini.
Kondisi berbeda rupanya dihadapi komunitas punk Makasar-Bugis. Mereka tidak sekedar bergumul dengan kapitalisme dan komodifikasi, tapi juga tradisi lokal dimana mereka hidup di dalamnya. Kondisi-kondisi inilah nampaknya yang membuat mereka membangun strategi yang lebih negosiatif dan adaptif ketimbang perlawanan totalnya.
Hal ini terlihat, misalnya, dalam lirik lagu-lagu para punker. Menurut penuturan Malik, seorang punker yang masih tercatat sebagai mahasiswa UIN Alauddin ini, para punker kerap menggunakan lagu-kagu Bugis dalam pertunjukan atau album-album mereka. Namun tentu saja, katanya, lagu-lagu itu berlirik perlawanan dengan diiringi warna musik yang hinggar-bingar.
Mungkin karena kemampuan mereka menempatkan diri ini yang membuat Spart-Toys di Sungguminasa bisa eksis dan bertempat di belakang Balla Lompoa. Bahkan tempat mereka biasa mangkal menjadi bagian dari rumah adat Gowa itu. 

SEJARAH ALIRAN MUSIK METAL


Heavy metal
Sumber aliran Psychedelic rock
Blues rock
Hard rock
Sumber kebudayaan Setelah tahun 1960'an di UK dan USA
Alat musik yang biasa digunakan Gitar - Bass - Drums
Popularitas mainstream Pertengahan 1980s.
Subgenre
Avant garde metal - Black metal - Classic metal - Death metal - Doom metal - Folk metal - Glam metal - Gothic metal - Grindcore - Groove metal - Hardcore - Neo-classical metal - Power metal - Progressive metal - Speed metal - Thrash metal
Genre campuran (fusion)
Alternative metal - Christian metal - Funk metal - Hardcore - Grindcore - Industrial metal - Metalcore - Nu metal - Rapcore - Symphonic metal
Versi-versi regional
Gothenburg - Britain - Bay Area


Nama Heavy metal digagas oleh Band Hard Rock Tahun 60'an Steppenwolf, dalam lagu mereka yang berjudul 'Born To Be Wild' (ada di baris kedua bait kedua).

"I like smoke and lightning Heavy metal thunder Racin' with the wind And the feelin' that I'm under".

Tapi istilah itu belum dipakai secara tepat sampai pada tahun 1970, ketika Black Sabbath merilis album debut album mereka yang berjudul ' Black Sabbath'.

Dari tahun 1960-an atau bisa disebut Blues Rock seperti Led Zeppelin, AC/DC Classic metal dan disekitar 60an sampai 70'an atau disebut Classic Rock seperti Black Sabbath, Blue Oyster Cult, Deep Purple, Alice Cooper. Permainan Classic metal. Musiknya dikendalikan olehriff yang lebih bluesy.




70'an

Heavy Metal awal 70'an digawangi oleh band-band seperti Led Zepplin, Black Sabbath, dan Deep Purple, Heavy Metal pada era tersebut masih dipengaruhi oleh elemen Blues yang kental. Judas Priest mengembangkan genre ini dengan menghilangkan unsur blues dan lebih mengandalkan distorsi, beat yang lebih cepat, dan harmoni. Pada akhir 70'an munculah New Wave oF British Heavy Metal yang dipelopori Motorhead, NWOBHM menggabungkan Punk dan Heavy Metal. Band-band NWOBHM lainya adalah Iron Maiden, Saxon, Venom, Diamond Head, dll.


Awal 80'an

Awal era 80'an Di gawangi oleh band-band NWOBAM seperti Motörhead, Iron Maiden, Venom dan Diamond Head. Heavy Metal akhirnya bertabrakan dengen musik Pop hal ini memunculkan genre yang disebut Glam Metal, Glam Metal berhasil menerobos chart-chart papan atas, hal ini menyebabkan Heavy Metal lebih tersebar cepat di seluruh dunia


Underground Metal: 1980, 1990, dan 2000-an
[sunting] Thrash metal dan Speed metal
!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Thrash metal dan Speed metal
Metallica band Thrash metal
Band Thrash metal bernama Slayer tampil pada tahun 2007

Tempo lagu sangat cepat yang diusung oleh gitaris yang memainkan gitar rhytm Downstroke pada Thrash metal oleh band-band seperti Metallica, Megadeth, Slayer dan Anthrax yang dijuluki Big Four Of Thrash. Di San Francisco ada Testament dan Exodus di New Jersey ada Overkill dan Sepultura dari Brazil. Sedangkan Speed metal dimainkan lebih cepat sangat-sangat cepat dan bertenaga seperti Motörhead (akhir-akhir), Iron Angel, Anthrax. Sedangkan musik Thrash metal yang berasal dari Eropa adalah seperti, Kreator dan Destruction, keduanya dari negara Jerman.


Death metal
!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Death metal
Chuck Schuldiner, sang gitar & vokal band Death, yang dikenal sebagai "Bapak Death Metal"[1]

Pada tahun 1990'an, underground ini lebih memasuki ke Extreme metal seperti Grindcore dipelopori oleh Napalm Death dan Brutal Truth, berkembang pada 1991 menjadi Death metal Scandinavia oleh Entombed, Dismember, Unleashed, dan At The Gates. Melodic Death metal yang berasal dari Gothenburg Swedia lalu berkembang di Finlandia dan Norwegia oleh band-band seperti Arch Enemy, Dark Tranquillity, Disessction. Kemudian ada istilah yang digunakan yaitu, Techical metal di pioniri oleh Cynic, Atheist, Meshuggah, Death. Progressive Death metal yang mungkin lebih cenderung ke visualisasi dan banyak menggunakan Tradisional pun dimaklumi, Pionirnya adalah Opeth, Pestilence, Death, Novembre dan mungkin Progressive metal oleh Dream Theater, Queensryche, dan Fates Warning.


Black metal
!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Black metal

Aliran ini muncul sekitar awal dan pertengahan tahun 1980-an, yang diprakarsai oleh band-band cadas seperti Venom, Hellhammer, Celtic Frost, dan Bathory. Pada akhir 80-an band Mayhem dan Burzum mengarah kedalam black metal gelombang kedua.
[sunting] Power metal
!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Power Metal

Power Metal adalah genre ini lebih bersemangat dan vokalis genre ini kebanyakan di pengaruhi oleh Rob Halford dan Bruce Dickinson band-band genre ini kebanyakan dari Eropa. Misalnya, Europe (Swedia), Iron Maiden (U.K), Helloween (Jerman).
[sunting] Doom Metal dan Gothic metal
!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Doom metal dan Gothic metal

Doom Metal adalah aliran yang lebih mengutamakan penekanan lirik, dengan tempo yang dibawah rata-rata subgenre Extreme Metal lainya aliran ini terinspirasi oleh Black Sabbath era pertama
UNDERGROUND scene


Heavy metal ditemukan oleh Band veteran Tahun 60'an Steppenwolf, dalam lagu klasiknya yang berjudul 'Born To Be Wild' (ada di baris kedua bait kedua, "dasar maniak barang remeh-remeh!")."I like smoke and lightning HEAVY METAL thunder Racin' with the wind And the feelin' that I'm under".Tapi istilah itu belum dipakai secara tepat sampai pada tahun 1970, ketika Black Sabbath merilis album perdana klasik mereka yang berjudul ' Paranoid'. Cukup banyak band Heavy metal.Dari tahun 1960-an atau bisa disebut Blues Rock seperti Led Zeppelin, AC/DC Classic metal dan disekitar 60an sampai 70'an atau disebut Classic Rock seperti Black Sabbath, Blue Oyster Cult, Deep Purple, Alice Cooper. Permainan Classic metal dimainkan kadang dengan Organ. Musiknya dikendalikan oleh riff yang lebih sering dimainkan dalam tangga nada minor. Vokalisnya juga terpengaruh oleh Led Zeppelin kecuali Bapak metal Ozzy Osbourne yang dipengaruhi oleh Sirene udara.Underground Metal !, Tempo lagu sangat cepat yang diusung oleh gitaris yang memainkan gitar rhytm Downstroke pada Thrash metal oleh band-band seperti Metallica, Megadeth, Slayer dan Anthrax yang dijuluki Big Four Of Thrash. Di San Francisco ada Testament dan Exodus di New Jersey ada Overkill dan Sepultura dari Brazil.Pada tahun 1990'an, underground ini lebih memasuki ke Extreme metal seperti Black metal yang diprakarsai oleh band-band cadas seperti Venom, Mayhem, Bathory, Mercyull Fate dan Death Metal yang cenderung menggunakan vokal dengan growl rendah dan banyak screamnya berkembang.Pada tahun 1991, menjadi Scandinavian Death metal oleh Entombed, Dismember, Unleashed, dan At The Gates Melodic Death metal yang berasal dari Gothenburg Swedia lalu berkembang di Finlandia dan Norwegia oleh band-band seperti Arch Enemy, Dark Tranquillity, Disessction.
Florida Death metal adalah Turunan jenis musik Thrash metal yang berasal dari band Kreator dan Destruction melahirkan band band asal Florida yang terkesan lebih brutal yang menjadi Techical metal di pioniri oleh Cynic (kemudian menjadi berevolusi menjadi Aghora ), Atheist, Immolation, Death. Progressive Death metal yang mungkin lebih cenderung ke visualisasi dan banyak mengunakan Tradisional pun dimaklumi, Pionirnya adalah Opeth, Pestilence, Death, Novembre dan mungkin Progressive metal oleh Dream Theater.Perbedaannya dengan Power metal adalah genre ini lebih bersemangat dan vokalis genre ini kebanyakan di pengaruhi oleh Rob Halford dan Bruce Dickison band-band genre ini kebanyakan dari Eropa. Misalnya, Europe (Swedia), Iron Maiden (U.K), Helloween (Jerman). Dan Speed metal dimainkan lebih cepat sangat-sangat cepat dan bertenaga seperti Motorhead (akhir-akhir), Iron Angel, Anthrax.

Mayhem adalah kelompok musik black metal dari Norwegia yang dibentuk pada 1983. Formasi awal mereka terdiri dari Manheim (drums) dan Necrobutcher (bass). Nama mereka diambil dari lagu "Mayhem With Mercy" oleh Venom. Mayhem adalah band yang sangat kontroversial karena keterlibatan mereka dalam berbagai pembunuhan, bunuh diri, pembakaran gedung gereja, dan tindakan kekerasan lainnya. Mayhem telah mengubah gaya musik mereka beberapa kali, dari black metal, death metal, sampai industrial dan electronica.
Tahun-tahun awal (1981-1990)

Mayhem didirikan pada 1981 oleh gitaris/vokalis Euronymous, basis Necrobutcher, dan drummer Manheim. Euronymous kemudian berkonsentrasi pada gitar setelah vokalis Messiah (Eirik Nordheim) bergabung pada 1986, yang kemudian digantikan oleh Maniac (Sven Erik Kristiansen). Setelah dua demo, mereka merekam Deathcrush dengan perusahaan rekaman baru Euronymous, Posercorpse Music.


Awalnya musik mereka dipengaruhi oleh genre death/speed metal, namun kemudian berkembang menjadi lebih unik. Tema-tema kekerasan dari death metal kemudian diimbuhi dengan nihilisme dan anti-agama, dipengaruhi oleh mitologi Norse, filosofi Friedrich Nietzsche, satanisme (walaupun Euronymous menolak paham satanisme Aleister Crowley dan Anton LaVey dan memandang setan dari perspektif [Salah Satu Agama Di Indonesia]).

Deathcrush yang diproduksi sejumlah 1000 keping terjual cepat, dan diterbitkan ulang pada 1993 oleh Posercorpse Music, setelah digabung dengan Deathlike Silence Productions dan toko rekaman Euronymous Helvete. Rencana Euronymous adalah menjadikannya "...like a black church in the future. We've thought about having total darkness inside, so that people would have to carry torches to be able to see the records."


Pada 1988, Manheim dan Maniac meninggalkan band ini; Manheim karena ingin mencari pekerjaan tetap, Maniac setelah gagal bunuh diri dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa. Mereka digantikan oleh Dead dan Hellhammer.

Dead, seperti namanya, memiliki sifat melankolis dan menggemari tema-tema kematian, pembusukan, dan kegelapan. Bahkan Euronymous, yang tidak menyukainya, khawatir akan kesehatan jiwanya. Walaupun demikian Dead memiliki banyak teman dalam dunia black metal, walaupun dianggap sedikit naif.

Menurut Bard Eithun, "He (Dead) wasn't a guy you could know very well. I think even the other guys in Mayhem didn't know him very well. He was hard to get close to. I met him two weeks before he died. I'd met him maybe six to eight times, all in all. He had lots of weird ideas. I remember Aarseth was talking about him and said he did not have any humour. He did, but it was very obscure. Honestly, I don't think he was enjoying living in this world." [1]

Dead memiliki tingkah laku yang aneh; suatu kali ia mengubur pakaiannya di bawah tanah selama beberapa minggu sehingga ia dapat memakai pakaian tersebut yang sudah membusuk dalam suatu konser. Ia juga pernah memasukkan seekor gagak mati ke dalam kantong plastik untuk "menghirup hawa kematian" sebelum naik panggung. Hal ini makin memperkuat atmosfir musik Mayhem, dan lirik band ini berkembang menjadi satanisme, kegelapan, depresi, dan kejahatan. Dalam banyak pertunjukan mereka, kepala-kepala [Maaf Saya Kasar] ditancapkan di atas tombak dan Dead melukai dirinya sendiri dengan pisau.

Formasi dengan Dead dan Euronymous menjadi terkenal. Setelah beberapa pertunjukan di Norwegia dan Jerman (di mana Live in Leipzig direkam), Mayhem mulai merekam album mereka yang pertama, De Mysteriis Dom Sathanas.
Pada bulan April 1991, Dead mati bunuh diri dalam usia 22 tahun dengan tembakan di kepala dan luka-luka di pergelangan tangan, disebabkan oleh pisau berburu yang baru ia beli hari itu. Ia bunuh diri di rumah yang ia sewa bersama anggota-anggota Mayhem lainnya di Kr氓kstad, dan meninggalkan pesan "Excuse all the blood, Cheers" walaupun anggota-anggota Mayhem lain mengatakan isinya lebih panjang, termasuk "the knife was too dull to finish the job so I had to use the shotgun". Euronymous adalah yang pertama menemukan jenazahnya, dan ia mengambil beberapa foto yang kemudian digunakan sebagai sampul album bootleg Dawn of the Black Hearts.

Menurut Occultus, yang menggantikan Dead sebagai vokalis Mayhem, "He (Dead) didn't see himself as human; he saw himself as a creature from another world. He said he had many visions that his blood has frozen in his veins, that he was dead. That is the reason he took that name. He knew he would die.."[2]

Peluru yang ia gunakan dikirim oleh seorang musisi dari Bergen, Norwegia bernama Kristian Vikernes (atau Varg Vikernes, Count Grishnackh; ex Old Funeral, satu-satunya anggota band black metal Burzum, yang kemudian membunuh Euronymous). Euronymous bersikap dingin dan oportunistis terhadap bunuh diri Dead; dalam beberapa wawancara ia mengatakan bahwa Dead bunuh diri karena musik death metal, jenis musik dari AS yang ditentang oleh black metal, semakin terkenal. Menurut Hellhammer, Euronymous mengambil beberapa potongan otak Dead dan membuat sop, dicampur dengan daging, sayuran, dan merica. "He'd always said he wanted to eat flesh, so he figured this was an easy way." Euronymous juga mengaku membuat kalung dari beberapa serpihan tengkorak Dead, dan mengirimnya ke beberapa musisi, misalnya band black metal Swedia Marduk.

Pada 1993, Live in Leipzig diterbitkan dan dipersembahkan kepada Dead. Kemudian diikuti oleh bootleg Dawn of the Black Hearts. Karena band ini mulai diselidiki oleh polisi dan media massa, Necrobutcher hengkang dan tinggal tersisa dua anggota.
Tahun itu juga, proses rekaman untuk De Mysteriis Dom Sathanas dilanjutkan dengan Attila Csihar sebagai vokalis dan Count Grishnackh sebagai bassist.

Karena penyelidikan polisi pula, Euronymous terpaksa menutup toko rekamannya Helvete. Pada saat ini ia berhutang sekitar 30.000 NOK pada Grishnackh, namun menolak untuk membayar.

Pada 10 Agustus 1993, Grishnackh pergi dari Bergen ke apartemen Euronymous di Oslo bersama Blackthorn (Snorre Westvold, dari band Thorns. Dalam perjalanan selama 7 jam itu, ia mampir ke rumah beberapa teman, menciptakan alibi dengan menyewa video atas nama mereka. Sampai di rumah Euronymous, Grishnackh menusuknya dengan pisau. Menurut otopsi Euronymous ditusuk 23 kali, 2 di kepala, 5 di leher, dan 16 di punggung. Walaupun demikian, Vikernes mengaku Euronymous jatuh di atas pecahan-pecahan kaca dari sebuah lampu yang jatuh ketika mereka berkelahi. Hal ini, menurutnya, menyebabkan luka-luka tusukan di tubuh

 venom
yo agan",karena ane liat blom ada thread tntang band cadas yang satu ini,ane bikin yah



Cover Album Venom ke-2,Black Metal


Venom adalah sebuah band Thrash/First-wave Black Metal yang dibentuk pada tahun 1979 di Newcastle Upon Tyne,Inggris.
Venom disebut - sebut sebagai salah satu influence terbesar dari band" Thrash Metal setelahnya terutama "The Big Four Of Thrash" yang terdiri dari Metallica,Megadeth,Anthrax, dan Slayer,Venom juga salah satu band yang termasuk dalam "NWOBHM" atau "New Wave Of British Heavy Metal"

Venom juga terkenal sebagai Bapaknya Black Metal,dimana musik mereka mengusung lirik yang bersifat antichrist dan menjurus ke satanisme.

Meskipun memiliki influence yang besar dalam sejarah musik heavy metal,Venom bukanlah band yang sukses secara komersial,tetapi lebih dikenal di kalangan underground,hal ini disebabkan oleh genre musik yang mereka usung,sehingga mereka menerima banyak kritik dan membuat kontroversi dengan lambang band mereka yaitu pentagram yang biasa dikenal sebagai lambang gereja setan

2 album pertama dari Venom,yaitu Welcome To Hell (1981) dan Black Metal (1982),disebut sebut sebagai salah satu album paling berpengaruh dalam sejarah musik metal,bahkan album black metal menjadi inspirasi bagi suatu genre musik yang mereka usung dan nantinya terus berkembang di kalangan musisi metal,yaitu genre black metal.

Personil:
* "Cronos" Lant – bass, vokal (1979–1987, 1995–sekarang)
* La Rage – gitar (2007–sekarang)
* Danny "Dante" Needham – drum (2009–sekarang)

Mantan Personil:
* Jeffrey "Mantas" Dunn – gitar (1979–1986, 1989–2002)
* Anthony "Abaddon" Bray – drum (1979–1999)
* Clive "Jesus Christ" Archer – vokal (1979–1980)
* Mike "Mykvs" Hickey – gitar (1986–1987, 2005–2007)
* Jim Clare – gitar (1986–1987)
* Tony "Demolition Man" Dolan – vokals, bass (1989–1992)
* Alastair "Big Al" Barnes – gitar (1989–1991)
* Steve "War Maniac" White – gitar (1992)
* Antony "Antton" Lant – drum (2000–2009)

Diskografi:
* Welcome to Hell (1981)
* Black Metal (1982)
* At War with Satan (1983)
* Possessed (1985)
* Calm Before the Storm (1987)
* Prime Evil (1989)
* Tear Your Soul Apart (EP) (1990)
* Temples of Ice (1991)
* The Waste Lands (1992)
* Venom '96 (EP) (1996)
* Cast in Stone (1997)
* Resurrection (2000)
* Metal Black (2006)
* Hell (2008)
* TBA (2010)



ayo agan" yang suka Venom....kasi komen disini yah...sori klo threadnya jelek gan...ane baru pertama x bikin thread
drcwarend is offline  

 
Dari segi Sejarah,, aku akan menjelaskan sedikit bagaimana sejarah dari terbentuknya genre music black metal ini,,,.....

Black metal diawali oleh band Venom pada tahun 1982 lewat album berjudul Black Metal. lalu diikuti oleh band-band seperti Bathory, Mayhem, Mercyfull Fate, Hellhammer/Celtic Forst. semua band ini ter-Influence sama Venom. Band Black metal masih cenderung bermain Thrash metal. Pada awal 80an sampai 90an, Black metal sangat berkembang di daerah Skandinavia oleh band diatas tadi. Jenis musik metal ini juga termasuk jenis metal underground. Black metal mempunyai Sub-genre bernama NSBM , Neo Nazi Black metal dua komunitas tersebut termasuk yang berpengaruh di komunitas Underground.

Band yang terkenal dari jenis musik ini adalah Dimmu Borgir, Cradle of Filth, Dark Funeral, Emperor dan Immortal

Karakter Black Metal

Berikut ini gaya dan ciri-ciri permainan band-band Black Metal:

Gitar

  • Cepat, didalam Rhytm gitar yang cepat, terselip melodi gitar yang samar-samar dan lama-lama berubah menjadi Alternate picking dan tremolo pick
  • Distorsi yang banyak memainkan Power chord.
  • Seteman gitar sama persis seperti Death metal. Di Chord D atau Chord C atau lebih rendah lagi.

Drum

  • Double bass drum sangat tipis jika dimainkan, sangat bertenaga, kadang bersama-sama dengan pukulan Snare Drum dengan gaya meledak-ledak (hentakan keras). Kadang kita hanya akan mendengarkan bass drum yang berbunyi sedetik.
  • Kadang, drum juga bisa bermain sangat lambat, Tergantung suasana musik.
  • Bahkan ada kalanya band-band seperti Burzum atau Xasthur sering tidak menggunakan drum dibeberapa lagu.
  • Beberapa band menggunakan drum mesin untuk performa lebih baik.

Lirik, Vokal

  • Lirik dinyanyikan dengan jelas. Bernuansa kikir, setan yang mengingatkan kepada penyiksaan, dan ini sudah menjadi standar band-band Black Metal.
  • Ada yang dinyanyikan bersatu seperti simponi. Lalu band-band Black metal menamakanya Symphonic Black Metal
  • Banyak juga yang sering dinyanyikan laki-laki dan perempuan seperti lagu-lagu simponi Gregorian.
  • Sering ada efek di vokalnya dan membuat suara seperti Atmospher.
  • Lirik sering mengambil kata-kata yang berbau setan, penyembahan berhala, dewa-dewa kuno, tema gaib yang mengutuk agama Kristen (Anti Chrisi).
  • Lirik bertema perang, udara dingin, kegelapan, hutan, dan lingkungan alami di eropa.

Keyboard

  • Biasanya setingan keyboard, biola, choir, dan organ menyerupai setelan musik gereja supaya meniru suara Kathedral dan orkestra yang terasa sejuk, dingin, samar dan menyedihkan.

Performa

  • Tidak suka bermain live dan lebih cenderung bermain gaya. Beberapa band Black Metal seperti Darkthrone menolak untuk bermain live. Banyak juga solo Black Metal seperti Clandestine Blaze, Burzum, Leviathan dan Xasthur juga menolak bermain live karena mereka terdiri dari 1 anggota. Tetapi satu band seperti Satanic Warmaster, bermain bersama musisi ekstra secara khas demi/untuk maksud kinerja live.
Jumlah band dengan seorang line-up penuh, seperti Borknagar, Emperor, Gorgoroth, Neurotic of Gods dan Dark Funeral memainkan konser langsung.

  • Rata-rata band ingin terlihat tampil se-mengerikan mungkin.
  • Kebanyakan band mengecat muka mereka menyerupai mayat (Corpse Paint), dan ini telah menjadi standar musik Black Metal.

Gelombang Pertama

Bibit Black Metal ditanam diawal 80'an yang dikenal sebagai "Gelombang Pertama", ilham paling awal diawali oleh band-band dari Inggris. Lewat band dari britania raya, Venom lewat album debutnya 'Welcome to Hell. Setelah perpecahan dari NWOBHM Metal lebih cenderung mengalami masa dimana band-band lebih mementingkan masa depan gaya dari pada suara/sound.
Gaya pakaian/busana seragam bisa juga mirip yang dipunyai band-band Black Metal; Pantalon kulit, spiked aksesori pergelangan, dll. Personil band juga bisa memakai nama-nama samaran seperti yang dipakai oleh band tersebut: Venom, Mayhem, Graveland, Godkiller, dll.

Sumber_: http://id.wikipedia.org/wiki/Black_metal